Salah Busi Starter Susah (Lagi) - Xeon RC 125
Your Ads Here

Salah Busi Starter Susah (Lagi)

Keluar dari masalah one way starter, kini masuk kedalam masalah baru. Tiap pagi tombol starter tidak mampu menghidupkan mesin motor, butuh engkol 3-5x baru bisa hidup. Kalau begini dengkul saya bisa copot lagi, haha...

https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//88/MTA-4700605/ngk_ngk_g-power_cr8egp_busi_motor_full03_prfjmmsf.jpg

Setelah cek busi, ternyata pakai NGK CR8EGP. Buka buka manual, tertulis originalnya menggunakan NGK CR7E. Lantas apa bedanya? Perhatikan seri NGK yang tercetak warna merah, itu adalah heat range. Fungsinya dicocokan dengan spek mesin motor, apakah jenis panas atau dingin? Xeon RC jenis sedikit dingin, sehingga butuh busi panas. Salah heat range inilah yang membuat motor ini susah dihidupkan saat di pagi hari.

https://www.carlamco.gr/image/cache/catalog/NGK%20/more%20ngk%20/CR7E_4578-900x900.jpg

Iseng cari busi di internet menemukan busi yang mereknya asing, yaitu Brisk. Untuk Xeon RC memiliki kode AR14YC-9 yang mana saya tidak menemukan penjelasannya. Dengan harga 50rb, lumayan mahal dari pada NGK/Denson yang dibawah 25rb. Mana iklannya kocak, bisa +1 HP, haha...

https://images.tokopedia.net/img/cache/700/VqbcmM/2021/8/15/635b5101-1cd5-443a-bda5-67ec567cce16.jpg

Nekat coba karena penasaran, ternyata enak juga, performa menunjang sekali tapi ya... beda tipis dengan NGK CR7E. Jadi saya lebih pilih NGK kedepannya, lebih murah yahaha... Padahal sayang sekali itu NGK CR8EGP, busi lapis platinum harganya 25rb ke atas, tapi ya tidak berfungsi karena salah mesin.

Efek buruk selain susah starter karena salah busi adalah busi gampang mati, karena menumpuk karbon sisa pembakaran pada busi. Jadi jangam asal pasang busi mentang-mentang iridium, kuat sampai 100.000km, iklannya bergambar moge, tidak menjamin baik untuk mesin. Standar mesin sudah cukup dengan spek standar, agar bebas dari masalah.

Comments