
Kebiasaan Yamaha suka gonta-ganti nama untuk produk skutik mereka, kali ini adalah Xeon RC. Sebenarnya ini adalah Mio kalau dilihat dari sejarahnya ini keturunan Mio Soul dilihat dari bentukannya yang mirip. Bisa Dikatakan ini adalah versi upgrade dan facelift. dari mesin hingga tampilan. Semua ini demi melawan Vario 125, tapi tetap saja kalah, yahahaha... Karena tak lama kemudian habis riwayat Xeon habis pada tahun 2016, sedangkan xeon mulai dari 2010.
yamaha mio soul 2008 |
Varian Xeon didahului dengan versi karbu, ya, penerus soul! Pada tahun 2013, yamaha merilis versi RC (Racing Champion) atau juara balap, sebagai perayaan kemengan tim Yamaha oleh rider Jorge lorenzo, yang juga menjadi bintang iklan Xeon R.
Kemudian 2014 merilis lagi motor yang sama hanya facelift yang menghilangkan tampilan soul dengan nama Xeon GT.
Yamaha Awali 2013 dengan Racing Champion Line Up
Keren - Cepat - Canggih
Perubahan tampilan ini lebih ke arah laki-laki, terutama anak muda. Sebab mio itu rilis untuk cewek dengan tampila yang sederhana dan performa biasa. Sesuai tagline mereka, perubahan dari sisi mesin juga yang menunjang performa yang lebih baik, seperti mencoba menghapuskan identitas mio itu sendiri.
Tampilan produk ketiga ini lebih baik, dan banyak digemari terutama laki-laki dan seringnya bagian lampu dimodif. Dari ketiga varian motor ini body bagian depan ini bisa saling tukar, jadi tidak perlu beli motor baru untuk mengejar tampilan. Pada komunitas Xeon di forum kaskus malah ada yang sembrono, motor xeon karbu, batok stang RC, lampu depan GT.
Untuk spek lengkapnya bisa dilihat di posting sebelumnya:
Xeon ditutup dengan Yamaha merilis Aerox 125LC pada tahun 2016. Meskipun demikian persepsi masyarakat terhadap produk skutik Yamaha yaitu mio yang boros dan lemot masih saja ada, meskipun itu semua sudah diperbaiki oleh Yamaha pada seri Xeon ini dan seterusnya.
referensi gambar:
- blognyamitra.wordpress.com
- Iwanbanaran.com