Daripada ke bengkel motor umum, saya lebih memilih ke toko ban, salah satunya adalah Planet Ban. Soal harga, yang jelas beda penjual beda harga, tergantung kita cocok atau tidaknya. Planet ban memajang dagangannya seperti diminimarket sehingga pembeli lebih leluasa memilih ban yang akan dipasang. Pilihan saya ASPIRA Premio Terreno.
Memiliki desain ulir abstrak ala offroa, dan banyak orang bilang ini ban semi off-road. Tapi nyatanya itu hanyalah trik marketing. Pada dasarnya ini sama saja dengan ban khusus jalan pedesaan, yang tidak menentu sehingga memiliki ulir yang banyak agar mendapatkan mencengkram tanah/aspal.
Setelah mengalami break-in, bisa saya simpulkan bahwa:
- Kondisi jalan aspal kering dan basah memiliki cengkraman yang lebih baik dari pada ban bawaan IRC, serasa lengket diaspal. Namun disisi lain mengurangi kecepatan
- Sedangkan pada kondisi tanah kering ini mampu mencengkram dengan baik, namun saat tanah tersebut basah atau tanah lumpur yg padat mulai kehilangan cengkraman (licin) dan inilah kekurangan dari ban ini.
- Kualitas karet yang baik juga membantu meningkatkan fungsi pengereman.
- Secara keseluruhan saya puas dengan kualitas ban ini!
UPDATESetelah pemakaian 18 bulan, ban mulai retak-retak halus, tapi masih nyaman.
Setelah 22 Bulan, bagian tengah mulai habis, dan ini mulai tidak enak karena bentuk permukaan ban tidak bulat sempurna, sehingga mengganggu handling ketika bermanuver. Belum lagi polanya yang habis tidak rata bisa berimbah dikenyamanan berkendara karena stang getar.
Dipasangkan di motor ini jadi terlihat aneh, karena desainnya yang bukan off-road. Mungkin lebih cocok untuk X-ride atau Beat street, atau NEX Crossover