Berikut adalah beberapa oli yang sempat saya coba untuk motor Xeon RC.
- Perlu diketahui bahwa takaran oli 800ml tercetak pada mesin. Namun perlu diketahui bahwa itu untuk kondisi setelah turun mesin, sedangkan penggantian oli secara periodik cukup 700ml.
- Volume oli juga perlu dijaga apabila berkurang bisa ditambahkan. Ini semua supaya oli tidak naik keruang filter, karena desain dari pabrikannya cacat.
- Spek oli standar: SAE 10w-40, JASO MB (matic)
Yamalube Matic 10w-40
Bawaan pabrik, oli ini biasa saja, untuk keperluan komuter, ke warung atau sekolah atau kerja ini cukup diutamakan untuk jalan santai. Pernah saya coba untuk ugal atau riding jangka waktu yang lama, oli ini tidak mampu untuk kebutuhan tersebut. Pemakaian tidak lebih dari 2000km saja, itu juga sudah tidak nyaman dipakai, mesin terasa kasar di atas itu. Harganya juga setara dengan merk-merk lain tapi mereka lebih baik. cukup sekali saja, atau menghabiskan masa garansi. satu lagi, ini yang versi murah.
Pertamina Enduro Matic

Pertamina selalu melebihkan produk mereka dengan warna-warna, dan wewangian yang sebenarnya tidak penting. Tapi soal performa ini bisa dijadikan standar. Lebih baik dari pada Yamalube dikisaran harga yang lebih murah 10rb. Tapi untuk jalan santai ini tidak sehalus Yamalube. Sedangkan pemakaian tidak lebih dari 2000km, dan oli mulai susut karena sudah melemah. Oli ini saya kira lebih cocok untuk area yang sejuk, sangat parah untuk area perkotaan yang panas, macet. Ada dua versi 10w-30 dan 10w-40, sama saja. Oli ini, saya dan kakak saya merekomendasikannya!
X-Ten 10w-40 (label merah)

Penasaran kan... oli dari planet ban? apa itu ester? ternyata sekedar marketing, haha... Oli ini seperti hasil kawin dari dua oli di atas. Dengan harga yang sama dengan Yamalube, punya performa yang bisa dibilang rata, santai bisa, ugal juga bisa. Usia pemakaian hanya 2000km, itu mulai susut, tapi kondisi oli masih bagus, saya teruskan sampai 3000km dan itu batasnya.
Castrol Power1 Gold 10w-40 (gold)

Oli yang paling enak buat saya, tapi kantong bisa jebol. Sesuai iklannya sudah mantap sejak dituang ke mesin. Oli ini mudah memanaskan mesin, jadi yang biasanya memanaskan mesin sejam, ini cukup semenit. Enak untuk jalan santai dan ugal, mesin terasa enteng, seperti pakai oli 10w-30. Tapi sayangnya umurnya pendek, baru 1000km mulai susut, sampai 2000km batasnya karena kondisi oli yang memang harus diganti. Mana harganya 50rb, jadi oli ini hanya cocok untuk sunmori, atau acara tertentu yang butuh performa. Hasil kuras oli ini lebih banyak kotoran yang keluar, mungkin karena deterjennya lebih banyak.
Federal Oil Ecomax 10w-30

Tidak cocok untuk Xeon RC, sebab mesinnya butuh panas, mungkin bagusnya untuk mesin-mesin yang berpendingin udara. Performa mirip dengan yamalube. Masa pakainya hanya sampai 2700km, kondisi oli sudah berubah coklat. Mungkin karena saya pakai yang SAE 10w-30. Lebih cocok untuk keperluan jalan-jalan santai dan yang dekat saja. Mengingat harga hampir sama dengan Pertamina Enduro

Top 1 Action Matic 20w-50
Katanya... motor yang usia 5 tahun keatas pakai SAE 20w-50, jadi dalam rangka mengobati rasa penasaran, pakailah oli ini. Katanya... ini oli USA. pret lah, haha.. kemasan klasik menggunakan kaleng. Satu hal yang tidak ada di oli lain yaitu olinya tidak berbau! Awal pakai terasa berat, namun setelah 1000km baru ringan. Mampu meredam panas, mesin lebih senyap, getaran juga berkurang. Bagi saya pribadi oli ini justru merusak karaker Xeon itu sendiri yang ringan akselerasi. Tapi buat komuter yang mencari nyamanan ini bisa menadi solusi. Kesimpulannya ini oli kebalikan dari Castrol Power1. Jarak pemakaian 3000km, itu sudah mulai susut, tapi oli masih bagus, jadi ragu mau ganti atau tambahi. Saya rasa bisa sampai 5000km, tapi tergantung kondisi tempat dan cara berkendara.